KATA
PENGANTAR
Puji syukur
kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala limpahan rahmat Taufik Hidayah
serta Inayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini dalam
bentuk maupun isinya yang sangat sederhana.
Makalah ini
Berisi tentang manajemen waktu proyek yang memiliki sejumlah konteks proses
menejemen waktu proyek, definisi dan susunan aktivitas dan project diagram.
Semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman kita semua.
Kami
menyadari bahwa sebagai manusia yang memiliki keterbatasan, tentu hasil karya
kami ini tidak luput dari kekurangan baik dari segi isi maupun penuliisan kata.
Maka dari itu dengan mengharapkan ridha Allah swt kami sangat membutuhkan
kritik dan saran yang membangun dari anda semua demi untuk memperbaiki makalah
kami dimasa yang akan datang. Semoga Allah swt meridhai makalah ini. Amin ya
rabbal amin.
Gorontalo, Februari 2017
Pensuyun
Kelompok III
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR ...........................................................................................
DAFTAR
ISI ...........................................................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang ...........................................................................................
B.
Rumusan Masalah ......................................................................................
C.
Tujuan .........................................................................................................
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Manajemen Waktu Pryek ......................................................
B.
Pentingnya Jadwal Proyek ........................................................................
C.
Proses Manajemen Waktu Proyek ............................................................
D.
Pengelolaan Waktu atau Jadwal Proyek ..................................................
E.
Fakto Penghambat Waktu Proyek ............................................................
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan ..................................................................................................
B.
Saran ............................................................................................................
DAFTAR
PUSTAKA ............................................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Manajemen
adalah Aktivitas yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan
kepemimpinan, serta pengawasan terhadap pengelolaan sumber daya yang dimiliki
suatu organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Proyek
merupakan Suatu kegiatan sementara yang dilakukan atau yang berlangsung dalam
waktu terbatas dengan alokasi sumber daya tertentu dan dimaksudkan untuk
menghasilkan produk (deliverable) yang kriterianya telah digariskan dengan
jelas.
Semakin
maju peradaban manusia, semakin cangih dan kompleks proyek yang dikerjakan
dengan melibatkan pengguna sumberdaya dalam bentuk tenaga manusia, material dan
dana yang jumlahnya bertambah besar.
Diiringi
pula dengan semakin ketat kompetisi penyelenggaraan proyek untuk memenuhi
kebutuhan masyarakat sehingga dibutuhkan cara pengelolaan, metoda serta teknik
yang paling baik sehingga pengunaan sumber daya benar-benar efektif dan efisien
sehingga dibutuhkan manajemen proyek.
Dengan
kata lain manajemen proyek tumbuh karena dorongan mencari pendekatan
penggelolaan yang sesuai dengan tuntutan dan sifat kegiatan proyek, suatu
kegiatan yang dinamis dan berbeda dengan kegiatan operasional rutin.
B.
Rumusan Masalah
1. Jelaskan Pengertian Manajemen Proyek ?
2. Jelaskan pentingnya jadwal proyek ?
3. Jelaskan proses manajemen waktu ?
4. Bagaimana pengelolaan waktu proyek ?
5. Faktor penghambat waktu proyek ?
C.
Tujuan
1. Jelaskan Pengertian Manajemen Proyek
2. Jelaskan pentingnya jadwal proyek
3. Jelaskan proses manajemen waktu
4. Bagaimana pengelolaan waktu proyek
5. Faktor penghambat waktu proyek
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Manajemen Waktu Proyek
Manajemen
waktu proyek merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang
manajer proyek. Manajemen waktu proyek dibutuhkan manajer proyek untuk memantau
dan mengendalikan waktu yang dihabiskan dalam menyelesaikan sebuah proyek.
Dengan menerapkan manajemen waktu proyek, seorang manajer proyek dapat
mengontrol jumlah waktu yang dibutuhkan oleh tim proyek untuk membangun
deliverables proyek sehingga memperbesar kemungkinan sebuah proyek dapat
diselesaikan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
Manajemen waktu proyek adalah tahapan
mendefinisikan proses-proses yang perlu dilakukan selama proyek berlangsung
berkaitan dengan penjaminan agar proyek dapat berjalan tepat waktu dengan tetap
memperhatikan keterbatasan biaya serta penjagaan kualitas produk/servis/hasil
unik dari proyek.
B.
Pentingnya Jadwal Proyek
1. Manajer
proyek biasanya menganggap penyerahan hasil tepat pada waktunya adalah
tantangan yang paling besar.
2. Isu
mengenai jadwal merupakan sebab utama terjadinya konflik dalam proyek,
khususnya pada paruh kedua jalannya proyek.
3. Waktu
merupakan besaran yang paling tidak fleksibel; waktu akan berlalu apapun yang
terjadi pada proyek.
4. Terdapat
konflik yang dapat terjadi pada jadwal. Penyebabnya adalah Individual work
style dan perbedaan budaya. Indikator tipe Myers-Briggs berfokus pada
perilaku individu terhadap struktur dan tenggat (deadline). Beberapa individu
memilih untuk mengikuti jadwal dan memenuhi tenggat sementara beberapa individu
yang lain tidak. Perbedaan budaya bahkan utk negara yang sama akan mempunyai
perilaku yang berbeda terhadap jadwal.
C.
Proses Manajemen Waktu Proyek
Terdapat beberapa proses yang perlu dilakukan seorang manajer proyek
dalam mengendalikan waktu proyek yaitu :
1.
Urutan Aktifitas Proyek.
Proses ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan
mendokumentasikan hubungan antara tiap-tiap aktivitas proyek.
Mencakup peninjauan kembali aktivitas-aktivitas yang harus dikerjakan dan
menentukan ketergantungannya satu dengan yang lain.
Ketergantungan
atau hubungan antar aktivitas terkait dengan pengurutan aktivitas atau
tugas-tugas proyek. Harus ditentukan ketergantungan antar aktivitas untuk
kepentingan critical path analysis.
a.
Tipe Ketergantungan
-
Ketergantungan mandatori: sejalan dengan
sifat pekerjaan yang akan dilakukan dalam proyek atau sering disebut juga hard
logic.
-
Ketergantungan diskresionari: ditentukan
oleh tim proyek atau sering disebut soft logic dan harus digunakan
dengan hati-hati karena kemungkinan akan membatasi pilihan penjadwalan yang
sesudahnya.
-
Ketergantungan eksternal: mencakup
hubungan antara aktivitas proyek dan aktivitas non proyek
2.
Mendefinisikan Aktifitas Proyek.
Merupakan sebuah proses untuk mendifinisikan setiap aktivitas yang
dibutuhkan untuk mencapai tujuan proyek.
3. Mengontrol dan Mengendalikan Jadwal Proyek.
Saat kegiatan proyek mulai
berjalan, maka pengendalian dan pengontrolan jadwal proyek perlu dilakukan. Hal
ini diperlukan untuk memastikan apakah kegiatan proyek berjalan sesuai dengan
yang telah direncanakan atau tidak.
Final pemrosesan proyek manajemen waktu adalah mengendalikan
jadwal. Seperti kontrol lingkup, jadwal kontrol adalah bagian dari proses
perubahan kontrol terpadu di bawah manajemen proyek integrasi. Tujuan dari
jadwal kontrol adalah untuk mengetahui status jadwal, mempengaruhi faktor yang
menyebabkan perubahan jadwal, menentukan bahwa jadwal telah berubah, dan
mengelola perubahan ketika mereka terjadi. meliputi: Laporan Kemajuan Sebuah
sistem pengendalian perubahan jadwal,
dioperasikan sebagai bagian dari perubahan terpadu sistem
kontrol dijelaskan dalam Chapter4, Proyek Integrasi Manajemen
Sebuah alat penjadwalan dan / atau perangkat lunak manajemen proyek, seperti Project2007 atau software yang serupa Jadwal bar chart perbandingan, seperti Gantt chart Pelacakan Analisis varian, seperti menganalisis mengambang atau kendur Output utama jadwal kontrol mencakup pengukuran prestasi kerja, update aset proses organisasi, dan lain-lain.
Sebuah alat penjadwalan dan / atau perangkat lunak manajemen proyek, seperti Project2007 atau software yang serupa Jadwal bar chart perbandingan, seperti Gantt chart Pelacakan Analisis varian, seperti menganalisis mengambang atau kendur Output utama jadwal kontrol mencakup pengukuran prestasi kerja, update aset proses organisasi, dan lain-lain.
4. Estimasi Aktivitas Sumber daya Proyek.
Estimasi aktivitas sumber daya
proyek bertujuan untuk melakukan estimasi terhadap penggunaan sumber daya
proyek.
5. Estimasi Durasi Kegiatan Proyek.
Proses ini diperlukan untuk
menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan proyek.
6. Membuat Jadwal Proyek
Setelah selurh aktivitas, waktu
dan sumber daya proye terdefinisi dengan jelas, maka seorang manajer proyek
akan membuat jadwal proyek. Jadwal proyek ini nantinya dapat digunakan untuk
menggambarkan secara rinci mengenai seluruh aktivitas proyek dari awal
pengerjaan proyek hingga proyek diselesaikan.
D.
Pengelolaan Waktu atau Jadwal Proyek
Waktu atau jadwal merupakan salah satu sasaran
utama proyek. Keterlambatan akan mengakibatkan berbagai bentuk kerugian,
misalnya penambahan biaya, kehilangan kesempatan produk memasuki pasaran, dan
lain-lain. Pengelolaan waktu mempunyai tujuan utama agar proyek
diselesaikan sesuai atau lebih cepat dari rencana dengan memperhatikan batasan
biaya, mutu dan lingkup proyek.
Tujuan
utama manajemen waktu pada proyek adalah agar pelaksanaan proyek sesuai
lingkupnya dapat memenuhi target waktu proyek yang telah ditentukan. Fokus
manajemen waktu adalah membuat perencanaan jadwal proyek yang handal
dan optimum atas sumber daya dan biaya serta pengendalian jadwal yang mampu
mengidentifikasi dini keterlambatan untuk penanganan yang efektif dan efisien.
1.
Identifikasi Kegiatan
Proyek
Proses pengelolan waktu diawali
dengan mengidentifikasi kegiatan proyek agar komponen lingkup proyek WBS atau
deliverables yang telah ditentukan dapat terlaksana sesuai dengan jadwal.
2.
Penyusunan Urutan
Kegiatan Proyek
Setelah
diuraikan menjadi komponen-komponennya, lingkup proyek disusun kembali menjadi
urutan kegiatan sesuai dengan logika ketergantungan. Output dari proses ini
ialah Jaringan Kerja Proyek.
3.
Perkiraan Kurun Waktu
Proyek
Setelah
terbentuk Jaringan Kerja , masing-masing komponen kegiatan diberikan perkiraan
kurun waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan kegiatan yang bersangkutan.
Output proses ini adalah jaringan kerja yang telah Memiliki Kurun Waktu dan Perkiraan Sumber Daya yang diperlukan
untuk menyelesaikan kegiatan tersebut.
4.
Teknik dan Metode
Teknik dan metode yang berkaitan
dengan pengelolaan waktu atau jadwal adalah sebagai berikut :
- Bagan balok dan jaringan kerja (CPM, PERT, PDM) untuk menyusun jadwal dan menganalisis waktu penyelesaian proyek.
- Data bank dan historical record untuk memperkirakan kurun waktu komponen kegiatan.
- Resource leveling untuk meratakan penggunaan sumber daya.
- Cost and shedule trade off untuk mencari jadwal yang ekonomis.
- Simulasi, misalnya analisis Monte Carlo.
- Fast tracking.
E. Faktor Penghambat Waktu Proyek
Faktor-faktor
penyebab terjadinya penghambat pelaksanaan pada proyek
1. faktor
material
2. faktor
desain dan perencanaan
3. faktor
pelaksanaan dan hubungan kerja
4. faktor
peralatan
5. faktor
kondisi dan keadaan di lapangan
6. faktor
di luar kemampuan kontraktor.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Keberhasilan
dalam setiap kegiatan perusahaan atau organisasi atau individu
diperlukanpenggunaan atau pemanfaatan waktu yang secara optimal dari
seluruh sumber daya yang terdapatdidalamnya. Salah satunya adalah waktu.
Oleh karena itu untuk memperoleh lebih banyak waktuyang terbatas diperlukan
manajemen waktu khususnya dalam kehidupan sehari-sehari
B. Saran
Cara terbaik menggunakan waktu adalah segera lakukan tindakan, dan buang
kemalasan.Kemauan dan pikiran harus disatukan untuk melakukan tindakan nyata
dan bukan kata-kata.Ketika anda pandai bicara, maka tindakan anda
memberikan contoh atau keteladanansangat diperlukan. Jangan sombong,
karena kesombongan akan menjatuhkan diri andasendiri.Pastikan tidak ada waktu
Anda yang terbuang sia-sia, karena manajemen waktu merupakan awal sebuah
keberhasilan Anda
DAFTAR PUSTAKA
ABRAR HUSEN, Manajemen Proyek
Perencanaan penjadwalan, dan pengendalian
proyek, C.V ANDI OFFSET, Yogyakarta, 2009
http://www.slideshare.net/riokirnanda1/manajemen-waktu-proyek
sangat bermanfaat
BalasHapusBermanfaat
BalasHapusBermanfaat
BalasHapus